Kamis, 04 Juni 2009

Lucifer itu Baik


Who is Lucifer?

Dalam Bahasa Latin, Lucifer berasal dari kata lucis artinya "terang atau sinar atau cahaya" dan ferre artinya "membawa"

Jadi, Lucifer artinya "pembawa terang" atau "pembawa sinar" atau "pembawa cahaya"

Sang Bintang Pagi yang juga disebut Bintang Timur.

Kenapa kita berpandangan bahwa Lucifer itu adalah setan???

Lagi-lagi dogma yang harus diluruskan! Menurutku sih Lucifer bukan malaikat yang menjadi setan, tapi manusia yang membuat Lucifer jadi setan heheee

Ini hasil "olahan" para teolog Kristen mula-mula yang berangkat dari legenda Yahudi tentang Samael, sang pemimpin malaikat, yang kemudian disebut "Malaikat Maut"

Menurut legenda Yahudi, Samael dulunya adalah pemimpin Langit Kelima yang memiliki dua juta anak buah, semuanya malaikat. Ia tinggal di Langit Ketujuh dan dia termasuk dalam tujuh pengawas dunia.

Dalam legenda Yahudi tentang Adam dan Hawa diceritakan bahwa ada malaikat penghianat yang menggoda Hawa. Nama malaikat itu adalah Gadreel, tapi menurut sebagian penafsir Yahudi, Gadreel adalah Samael. Kata "lucifer" dipake untuk menerjemahkan kata "Bintang Timur" (Ibrani: helel) dalam Yes. 14:12 di dalam Alkitab Vulgata (Bahasa Latin).

Tapi sebenarnya bukan hanya di Yes. 14:12 terdapat kata "lucifer" dalam Vulgata

Dalam 2Petrus 1:19 juga terdapat kata "lucifer"

2Petrus 1:19 versi Vulgata: "et habemus firmiorem propheticum sermonem cui bene facitis adtendentes quasi lucernae lucenti in caliginoso loco donec dies inlucescat et lucifer oriatur in cordibus vestris"

[TB-LAI: "Dengan demikian kami makin diteguhkan oleh firman yang telah disampaikan oleh para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu."]

Juga di Ayub 11:17

"et quasi meridianus fulgor consurget tibi ad vesperam et cum te consumptum putaveris orieris ut lucifer"

[TB-LAI: "Kehidupanmu akan menjadi lebih cemerlang dari pada siang hari, kegelapan akan menjadi terang seperti pagi hari"]

Lihat dua ayat itu, kata "lucifer" justru digunakan dalam makna positif dalam teks Vulgata. Hanya dalam Yes. 14:12 saja digunakan dalam makna negatif, itu pun sebenarnya berisi teguran terhadap raja Babel (Yes. 14:4) bukan tentang setan, iblis atau anti-Kris.

Azazel

Azazel itu adalah sosok misterius dalam literatur-literatur Yahudi. Dia selalu dihubungkan dengan ritual Yom Kippur (Hari Pendamaian) sebagaimana naskah Imamat 16 yang Bro Lucky kutip.

Dia diyakini sebagai kekuatan jahat yang paling kuat yang turun dari pegunungan, tapi tidak ada teks yang menghubungkan dia dengan Lucifer.

Kalau saya berkesimpulan, iblis yang bernama Lucifer itu tidak ada.

Lucifer itu hanya di-"ada-ada"-kan saja dalam dogma klasik gereja, dan bertambah besar ketika KJV mempertahankan teks Vulgata untuk kata Lucifer ini. Padahal, dalam Yes. 14:12 sudah jelas-jelas bahwa yang dimaksud sebagai "Lucifer" (Ibrani: helel) bukanlah iblis atau malaikat jahat, tapi "raja Babel" (lihat Yes. 14:4).

Jadi, Lucifer adalah simbol untuk raja Babel, bukan simbol untuk Iblis.

Karena itu, gak usah dibanding-bandingkan dengan nama-nama penghulu malaikat yang dipercaya dalam legenda Yahudi. Terlalu berlebihan menyandingkan Lucifer dengan penghulu malaikat.

Lucifer dapat digunakan untuk makna positif seperti dalam 2Petrus 1:19 "Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikannya sama seperti memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan lucifer terbit bersinar di dalam hatimu" []

* catatan ringan diskusi di milis GETT

17 komentar:

  1. Saya kira lebih ngawur lagi kalo memberi penilaian tanpa alasan :)

    BalasHapus
  2. Alkitab jelas mengatakan Lucifer itu ada, dari ribuan kesaksian tentang neraka d seluruh dunia hampir semuanya melihat Lucifer.
    Raja babel yang dimaksud itu Lucifer, itu bukan manusia. Waktu Daniel berdoa dan Malaikat Gabriel diutus utk dia. Gabriel dihalangi Penguasa Yunani atau Persia (maaf agak lupa), sampai muncul Mikhael yg bantuin. Penguasa Persia n Yunani itu bukan Manusia. ITU ROH YG MENGUASAI PERSIA n YUNANI.
    Dulu pernah terjadi pembagian kekuasaan, bangsa2 lain dikuasai para malaikat jatuh tapi YAKUB, KHUSUSKANLAH DIA UNTUK AKU (Firman TUHAN Semesta Alam).
    Jadi bangsa2 lain ada penguasa2nya. Kalo ISRAEL, TUHANLAH penguasanya.
    So, Lucifer itu ada bro.

    HATI2 TIPUAN TERBESAR IBLIS/LUCIFER ADALAH MEYAKINKAN KITA BAHWA DIA TIDAK ADA....
    Makanya Yesus bilang "Waspadalah musuhmu seperti singa yg mengaum2..."
    Berarti Iblis/Lucifer itu nyata, senyata TUHAN sendiri...

    GBU....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alkitab tidak pernah menyebutkan bahwa Iblis adalah Lucifer, demikian juga Alkitab tidak pernah menyebutkan bahwa Lucifer adalah Iblis.

      Tidak benar bahwa nama Penghulu Setan itu adalah Lucifer. Nama itu baru diberikan belakangan, tetapi pemilihan nama itu tidaklah berdasar!

      Hapus
  3. no coment.... gw bukan mastah alkitab...

    BalasHapus
  4. HATI2 TIPUAN TERBESAR IBLIS/LUCIFER ADALAH MEYAKINKAN KITA BAHWA DIA TIDAK ADA....

    BalasHapus
  5. lucifer bukan malaikat
    melainkan ciptaan yang csetara dengan manusia..
    bedanya,lucifer lahir langsung dalam keadaadn cempurna..
    sedangkan manusia berkembang kesempurnaannya berdasarkan pertumbuhan rohani dan pengalamannya ..
    malaikat itu bahasa yunanix anggellos= pembawa pesan..
    masalahnya,dalam alkitab tdk prnh diceritakan lucifer membawa pesan..
    jelas,,lucifer msh diatas malaikat tingkatanx..
    malaikat mikael aja takut ma lucifer maanya ada dlm alkitab mikaelx ngomong'' kiranya Tuhan menghardik engkau '' waktu iblis dan mikael mempeributkan soal mayat musa...
    GBU ALL

    BalasHapus
  6. klo setau gw yah gw pernah diceritain pas msh kecil lucifer itu malaikat yang dihukum Tuhan karna ingin menyaingi kuasa Tuhan
    GBU all

    BalasHapus
  7. Intinya begini kawan, nama "Lucifer" itu tidak ada dalam bahasa asli Alkitab (Ibrani PL dan Yunani PB). Lucifer yang disebutkan dalam versi KJV itu diterjemahkan dalam bhs indo artinya bintang timur/pembawa cahaya. sedang kan dalam bahasa asli Ibrani diterjemahkan הילל HEYLEL, dari kata הלל HALAL "memuji". Dalam kata itu tidak dijumpai kata iblis (ibrani : שטן ). Lucifer adalah terjemahan dari Ibrani ke bahasa Latin, digunakan dalam Vulgata, Alkitab bahasa Latin yang dipakai di kalangan Katolik. Seperti versi terjemahan KJV pada Yesaya 14:12 yg secara jelas memakai kata Lucifer. Pada ayat itu kalo kita mau tahu rujukan tentang Lucifer ( הילל HEYLEL ) itu sebenarnya istilah kepada raja babel (Nebukadnezar).
    Jadi menurut saya "LUCIFER" sebagai dengan Iblis hanyalah produk dari tafsir, tepatnya tafsir yang berasal dari kalangan Kristen "barat"."Tafsir" bisa saja berbeda-beda, tidak semuanya memandang "LUCIFER" dalam Yesaya 14:12 adalah nama Iblis. Dan dengan menimbang 2 Petrus 1:19 maupun Ayub 11:17, kata "LUCIFER" tidak bermakna sebagai malaikat yang jatuh atau "nama penghulu Setan/ Iblis".
    Orang Yahudi punya istilah sendiri tentang nama penghulu setan/iblis yaitu סמאל - SAMAEL (teman muslim bilang itu DAJJAL) ini dicatat dalam kitab mereka Talmud & Midrasy. Mereka tidak berpendirian pada Alkitab versi Latin Vulgata atau KJV dan "tafsirannya".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Samael bisa dibilang malaikat bisa dibilang iblis juga, Samael pun juga bukan Satan, Samael bisa baik bisa jahat, kalau emang Samael dajjal, kok bisa si Samael mimpin surga kelima sama tinggal di surga ketujuh? Samael pun nggak pernah diceritain kalau dia jatuh dari surga jadi Satan langsung tib-tiba

      Hapus
  8. atau anda itu lucifer ya??? hehehehe jangan" anda lucif er yang menulis blog ini :P

    BalasHapus
  9. Lucifer itu bukan merujuk pada iblis,,tetapi yesus itu sendiri yang artinya pembawa terang
    nama iblis sendri adalah heylel bin sachar dan cuma sekali disebutkan diyesaya
    mispersepsi ini terjadi karena "kesalahan" jerome menerjemahkan alkitab ke bahasa yunani
    karena jerome sendri tidak paham apa itu heylel ben sachar

    BalasHapus
  10. Lucifer itu memang nyata adanya dia sebagai raja iblis. Akar katanya: "Lucis": Terang/Cahaya/Sinar. "Ferre": Pembawa, yg bearti Pembawa Terang. Begini ceritanya: Pada mulanya Allah menciptakan langit dan bumi, dimana bumi masih berbentuk bulat dan kosong, dan dsinilah Allah menciptakan para malaikat utk pendamping Allah jauh sebelum manusia diciptakan. Dan pada hari keenam Allah ingin menciptakan manusia dari debu tanah, maka memberontaklah Malaikat itu dan menjawab: Mengapa engkau hendak menjadikan manusia sebagai khalifah dimuka bumi itu, orang yg akan membuat kerusakan dan penumpasan darah baginya padahal kami senantiasa memuji dan memuliakan engkau ya Allah. Dan Allah menjawab: Tidak ada yg engkau ketahui selain yang ku ketahui. Maka bersujudlah malaikat dan memuji Allah. Dan ketika Allah hendak menyuruh malaikat utk sujud pada manusia maka malaikat menjawab: Mengapa kami harus sujud kepada manusia yg engkau ciptakan dari debu tanah sedangkan kami terbuat dari cahaya, maka Allah memandang ini sebagai suatu kesombongan besar. Dan Lucifer pun berkata dalam hatinya: aku hendak naik ke langit utk mengatasi bintang2 Allah, aku hendak mendirikan tahtaku jauh diatas bukit pertemuan hendak menyamai yg maha tinggi. Maka setalah Allah mengetahui isi hati silucifer maka terjadilah pertempuran disurga dan dia diusir dari surga para malaikat yg jatuh ke bumi tdk mendapatkan tempat lagi di surga.

    BalasHapus
  11. Mari kita belajar lagi, minta kepada Tuhan Yesus Hikmat Pengetahuan, Dan Kebijaksanaan dari Elohim yang berada dalam Kerajaan Sugar. Samael adalah Bintang fajar, dan dia sendiri adalah Lucifer pendakwa dan penuduh bangsa Israel. Hallelujah ☝️☝️☝️

    BalasHapus
  12. Mari kita belajar lagi untuk Kebenaran Firman Tuhan yang hidup, minta pertolongan dari Tuhan Yesus Kristus agar kita di sertai dengan Hikmat, Pengetahuan dan Kebijaksanaan hanya dari pada Elohim yang berada berada dalam Kerajaan Surga. Samael itu adalah Lucifer sendiri dan dia itu juga si Bintang fajar ,Pendakwa dan Penuduh bangsa Israel. Hallelujah ☝️☝️☝️

    BalasHapus
  13. Mengambil acuan dr Vulgata yg jelas bukan bahasa aslinya. Kemudian di KJV jd deh Lucifer.
    Sbnrnya kalau iblis yang dimaksud itu namanya Samael deh (saya tau dr Talmud), yah Lucifer itu pembawa terang atau bintang fajar, mungkin julukan ajah (kalau mau dipaksa paksain mah), jadi Samael Lucifer. Yesus mungkin jadi Yeshua Lucifer deh (kan Lucifer itu cuma julukan aja). Jadi kalau ada gereja setan yg sembah Lucifer, lah Lucifer itu cuma julukan bukan individu, kayanya gereha setannya terobsesi cerita2 gaib dan dikibulin mahkluk halus. Kalau benar gereja setan, Samael harus diposisi paling tinggi.

    BalasHapus